12 Rahasia Agar Bisnis Terus Tumbuh Dalam Persaingan
Bisnis yang Semakin Ketat
gmbr sumber ampera.com
“Bisnis itu tentang sekarang dan hari esok”
Benar memang, setiap
bisnis memang bukan diciptakan untuk menjual produk dan mendapatkan keuntungan
hari ini. Tapi mendirikan bisnis untuk membangun brand dan memberikan nilai
kepada siapa saja untuk selanjutnya. Setiap hari orang yang mendirikan bisnis
jauh lebih banyak dari sebelumnya. Dan kamu akan memiliki lebih banyak pesaing
atau kompetitor yang menjual produk atau bahkan mengambil pasar kamu jauh lebih
besar. Bisa dikatakan mereka yang memiliki nyali besar saja yang mampu
menjalani bisnis saat ini dan bertahan sampai hari – hari yang akan datang.
Lalu bagaimana agar
bisnis kamu sekarang bisa tetap tumbuh dan bertahan? Sedangkan persaingan
bisnis akan terus bertambah dari hari ke hari? Beginilah cara para pebisnis baik
online maupun offline lakukan untuk tetap bisa bersaing dengan pesaing mereka:
1.
Melakukan branding secara terus – menerus
Baik online maupun
offline, yang namanya bisnis harus terus membangun brand mereka. Ini tidak
berhenti ketika kita memiliki nama bisnis, website dan nama domainnya, logo
bahkan desain packaging produk. Tapi upaya untuk branding harus terus
dilakukan. Banyak hal yang bisa kita lakukan agar setiap orang bisa mengenal
dan bahkan terus mencari bisnis kita untuk memberikan mereka solusi. Contohnya
mulai dari kartu nama kita, sticker yang bisa ditempel dimana – mana, sampai
brosur dan merchandise yang bisa kita berikan saat kita mengikuti seminar,
pameran atau acara networking lainnya.
Branding adalah upaya
agar kita dan bisnis kita dikenal oleh lebih banyak orang dari saat ini.
Seperti yang dilakukan oleh Baskoro Widyanto pemilik toko online Sugargliderindonesia.com. Melalui acara – acara offline, ia
membangun brand dan memperkenalkan bisnisnya kepada orang banyak. Selain itu,
ia juga aktif mengikut komunitas. Melalui komunitas inilah, Sugargliderindonesia.com
lebih dikenal dan banyak dicari oleh customer.
2. Cari
lebih banyak variasi produk
Untuk bisa bertahan dalam
pasar dengan banyak pesaing kita di dalamnya, tentu kita harus punya sesuatu
yang lebih banyak atau bahkan lebih unik dari mereka. Salah satu yang bisa kita
lakukan adalah dengan melakukan riset kepada para pesaing kita, mulai dari
produk apa saja yang saat ini mereka jual, pelayanan apa saja yang saat ini
mereka berikan dan lain sebagainya. Selain itu kita juga bisa mulai membuat
lebih banyak lagi variasi produk dari yang biasa kita jual. Saat kita tetap
menjual produk yang biasanya, ini membuat pembeli bosan dengan apa yang kita
sajikan. Mereka pasti mencari sesuatu yang baru dan jika kita ingin agar mereka
terus mencari kita, jelas dengan menciptakan lebih banyak produk baru yang
lebih bervariasi.
Agil asrofi pemilik Jual-kacamata.com melakukan
ini untuk tetap bertahan di dalam persaingan yang semakin ketat. Ia terus
mencari lebih banyak variasi lensa kacamata yang dijualnya. Tentu agar ia
memiliki nilai lebih dibandingkan dengan pesaingnya.
3.
Menciptakan inovasi baru
Jika kita mau menciptakan
lebih banyak variasi produk, hal yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan
sebanyak mungkin ide untuk menciptakan inovasi terbaru untuk bisnis kita. Bukan
hanya dari segi produk, bisa juga dari segi tampilan website, packaging dan
lain sebagainya. Penting untuk kita terus menciptakan inovasi baru yang
mendukung bisnis kita yang sudah ada. Ini berlaku jika kita berada di pasar
yang memiliki jumlah pemain sangat banyak dan produk kita sudah sangat dikenal
oleh masyarakat.
Bisa jadi inovasi kita
bukan lagi tentang produk baru, tapi dari segi bisnis kita yang mendukung
produk itu. Seperti yang dilakukan Rocky dengan Kingtama-indonesia.com yang
dengan produk unggulan yang sudah banyak dikenal orang. Saat ini yang ia
lakukan adalah terus menciptakan inovasi baru untuk proses promosi dan
penjualan produk secara online.
4.
Bekerjasama dengan berbagai pihak
Tidak ada bisnis yang
sukses tanpa melibatkan orang lain. Setiap bisnis pasti membutuhkan kerjasama
dengan pihak lain di luar bisnis kita. Kerjasama inilah yang bisa membantu kita
bukan hanya mendapatkan kemudahan menjual produk, tapi juga mendapatkan
pelanggan sampai dengan menciptakan inovasi baru. Kerjasama dalam bisnis harus
dilakukan, apalagi saat kita ingin masuk ke dalam pasar bisnis yang lebih luas
lagi. Salah satunya dengan melakukan bandling. Hal inilah yang dilakukan oleh
Andy Riyadi, pemilik Galerio-flasher.com. Selain menjual produk sparepart
handphone, ia juga menjual jasa service atau perbaikan handphone.
Yang kini ia lakukan
adalah dengan melakukan bandling dengan pihak pelatihan service handphone.
Tujuanya bukan hanya untuk mendapatkan lebih banyak koneksi dan pelanggan. Tapi
untuk memudahkan Galerio-flasher sendiri untuk menjalankan
proses bisnisnya, terutama pada jasa service atau perbaikan handphone.
5.
Bahkan mau untuk cross selling dengan kompetitor
Selain kolaborasi, kita
juga bisa melakukan cross selling dengan kompetitor. Jangan kira kompetitor
tidak bisa menjadi teman bagi bisnis kita. Sekalipun dalam dunia bisnis kita
bersaing untuk mendapatkan pelanggan dan menjual produk. Tapi kompetitor
terkadang juga membantu kita, terlebih saat kita tidak memiliki produk yang
dicari pelanggan, sedangkan kompetitor kita memilikinya.
Kerjasama dengan
kompetitor perlu untuk kita lakukan. Saling melengkapi dan mendukung, mungkin
itulah yang diterapkan oleh Fadli Ramon pada bisnisnya, yaitu Headphoneku.com.
Di dalam komunitas Kere Hore yang diikutinya ia dan banyak pemilik toko online
yang menjual produk sama saling berkolaborasi dan melakukan cross selling untuk
menjual produk – produk mereka.
6.
Ciptakan media baru dalam pasar yang dimiliki
Sedikit sekali pemilik
bisnis online menggunakan website dan media online untuk mempromosikan produk
mereka. Apalagi di saat produk yang mereka jual biasa dijual secara offline.
Seperti halnya produk makanan yang biasa dijual offline, kini bisa dijual
secara online. Jelas ini berkat kejelian pemiliknya untuk melihat peluang di
media online. Lain lagi dengan Dian Pranata Santoso, selaku owner dari Tokomk.com.
Disaat kompetitor menjual produk secara offline, ia mampu melihat peluang dan
akhirnya memberanikan diri terjun ke dunia online. Hingga akhirnya menciptakan
media baru bagi pasar bisnisnya. Websitenya kini bisa dijadikan sebagai contoh
bagi pemilik bisnis serupa untuk mengembangkan bisnisnya.
7. Give
and give dengan customer
Kalau ingin terus diingat
dan dicari pelanggan, hal yang harus kita lakukan adalah dengan memberlakukan
sistem “Give and Give” bukan hanya “Take and Give”. Saat pelanggan memberikan
uang mereka untuk produk kita, tidak ada salahnya kita memberikan bukan hanya
yang mereka inginkan dan butuhkan, tapi memberikan lebih dari yang mereka
bayangkan. Mulai dari pelayanan yang optimal sampai dengan hadiah berupa
voucher diskon dan lain sebagainya.
Tidak ada salahnya kan
memberikan lebih kepada pelanggan. Bukan hanya sebagai ucapan terima kasih,
tapi juga untuk memberikan kesan kepada mereka, bahwa kita siap untuk membantu
mereka. Inilah yang kini dilakukan oleh Bagus Permadi selaku pemilik Bajusenamgrosir.com.
Tidak sungkan ia memberikan Surprise gift untuk customer hingga terus menerus
melakukan follow up kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan dengan
mudah terus mengingat dan mau untuk kembali lagi.
8.
Optimalkan usaha promosi baik online maupun offline
Kini bisnis bisa
dilakukan dimana saja. Bisnis offline butuh media online untuk promosi, dan
bisnis online butuh media offline untuk lebih mengenalkan bisnis mereka. Setiap
media bisa dijadikan media promosi bagi bisnis kita. Mulai dari brosur, poster,
sosial media sampai dengan iklan seperti Adwords hingga iklan di televisi.
Untuk tetap bertahan dan terus mengembangkan bisnis, perlu bagi kita untuk
masuk ke media apapun untuk melakukan promosi. Gencar melakukan promosi akan
membantu kita mengenalkan bisnis dengan lebih mudah.
9.
Selalu update dan lakukan pengembangan
Tetap memperhatikan
kebutuhan dan juga keinginan pelanggan. Jika ingin terus dicari dan diingat
pelanggan, berikan kesan terbaik kepada mereka. Salah satunya adalah dengan
menunjukkan bahwa bisnis kita selalu up to date, baik terhadap perkembangan
produk, media promosi yang digunakan bahkan sampai dengan pelayanan dan
teknologi terbaru yang saat ini sedang menjadi trend di masyarakat. Dengan
mengikuti trend dan terus up to date, kita dengan mudah bisa diterima oleh
pelanggan dan bahkan pasar yang lebih luas lagi. Ini strategi yang terus
dilakukan oleh Kukuh Wira Kurniawan pemilik dari Perlengkapantidur.com.
Ia terus menerus melakukan riset dan mencari produk yang up to date untuk
bisnisnya. Hingga membuatnya mampu bertahan dan berkembang sampai saat ini.
10.
Miliki quality control yang baik untuk produk dan pelayanan
Paling penting dan tidak
bisa dikesampingkan adalah dengan melakukan quality control terhadap produk dan
pelayanan secara rutin. Tidak ada bisnis yang berhasil bertahan saat kualitas
produk tidak bisa tetap bertahan dengan baik dan kualitas pelayanan menjadi
menurun. Semua harus masuk dalam daftar hal yang terus dikembangkan. Quality
control untuk produk dan pelayanan harus dilakukan setiap hari. Apalagi saat
kita memiliki pegawai yang membantu kita dan produk kita sudah mulai dikenal
oleh banyak orang.
Rar-racingmuffler.com adalah
contohnya. Randy Arianto selaku pemilik terus menerus melakukan quality control
untuk produk yang dihasilkan dan dipasarkan. Ia terus menjaga kualitas produk
agar bisa tetap diterima dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
11.
Memberikan kompensasi jika terjadi keterlambatan
Berani bertanggung jawab
jika terjadi sesuatu. Hal ini akan sangat diapresiasi oleh pelangganmu. Jika
memang salah minta maaf saja. Jika terjadi keterlambatan pengiriman misalnya,
berikan kompensasi untuk pelangganmu :)
12.
Mengganti segmentasi pasar
Hal terakhir jika kamu
mengalami kesulitan dengan kompetitormu, maka kamu bisa mengganti segementasi
pasar untuk produk kamu. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti segmen
pasar adalah tentukan dan pastikan terlebih dahulu segmen yang baru, selain itu
kamu juga harus menaikkan tingkat kualitas produk dan pelayanan yang kamu
berikan.
Begitulah hal yang
dilakukan oleh sebagian besar pebisnis online untuk tetap membuat bisnisnya
bertahan dan berkembang. Pasar bisnis baik online atau offline akan terus
berkembang. Seiring itu persaingan juga akan semakin berkembang. Jika tidak
ingin tersingkir jangan pernah berhenti untuk belajar dan mencari tahu apa yang
harus dilakukan hari ini untuk hari esok, dan hari esok untuk esoknya lagi.
Komentar
Posting Komentar