Penjelasan Business Partner pada Bisnis anda
Business Partner adalah
suatu entity (badan/pihak) yang melakukan bisnis dengan perusahaan. Ada
tiga jenis Business Partner yang berbeda : Vendor (Pemasok), Customer
(Pelanggan) Dan Employee (Karyawan).
Konsep Business Partner jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan
aplikasi, karena suatu Business Partner bisa merupakan suatu Vendor, suatu
Customer, suatu Employee atau kombinasi ke tiganya. Pendekatan ini juga
memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan
analisa regional dan optimisasi.
Suatu
Business Partner mempunyai satu atau lebih lokasi dan satu atau lebih Kontak,
yang dapat secara optional dihubungkan untuk suatu Lokasi. Kontak dapat
mempunyai yang disebut Interest Area, Yang membentuk basis untuk Manajemen
Hubungan Pelanggan dan mengijinkan orang-orang bagian penjualan untuk mengatur
Email-lists (daftar surat menyurat) untuk yujuan pemasaran ( sebagai contoh,
laporan berkala dll.).
Tab
Business Partner terdiri dari Business Partner, Customer, Customer Accounting,
Vendor, Vendor Accounting, Employee, Employee Accounting, Bank Account,
Location, Contact (User), Interest Area dan Withholding. Semua tab – tab dalam
business partner saling terintegrasi satu sama lain.
Tab-tab Business Partner
·
Business Partner : digunakan untuk mendefinisikan dengan
pihak mana dan siapa anda bertransaksi. Window ini menyimpan semua informasi
tentang Business Partner anda , dan nilai-nilai yang dimasukkankan akan
digunakan untuk menghasilkan semua dokumen-dokumen transaksi.
·
Customer : Jika anda ingin Business Partner anda untuk
menjadi Customer (pelanggan), silahkan klik pada Tab Customer dan Masukkan
nilai-nilai yang sesuai. Ini akan digunakan sebagai nilai default ketika anda
memasukkan Sales Order atau Customer Invoice untuk Business Partner (untuk
parameter parameter tersebut).
·
Vendor : Jika anda ingin Business Partner anda untuk
menjadi Vendor (pemasok), silahkan klik pada Tab Vendor dan Masukkan
nilai-nilai yang sesuai. Pastikan bahwa anda memilih Cek-box Vendor. Anda dapat
memilih nilai-nilai untuk bidang yang berikut: Payment Rule (Aturan
pembayaran), Purchase Pricelist (daftar harga pembelian), PO Payment Term (termin
pembayaran PO), Tax Category.
·
Employee : Jika Business Partner anda adalah seorang, anda
dapat mendandainya melalui Tab Employee dan Masukkan nilai-nilai sesuai yang
dibutuhkan.
·
Bank Account : Untuk memasukkan informasi Bank untuk
Business Partner anda , klik pada Tab Bank Account dan masukkan nilai-nilai
yang sesuai. dapat memasukkan bidang berikut: Account No, Swift Code, Bank
Name, Name, City , Postal Code, State.
·
Location : Untuk memasukkan Informasi Lokasi atau Address
untuk Business Partner anda
·
Contact (User) : Untuk memasukkan Informasi User/Contact
untuk Business Partner anda.
·
Interest Area : Interest area membuat dasar untuk Customer
Relationship Management (Manajemen Hubungan Customer) yang memungkinkan bagi
anda untuk mengatur Email atau daftar distribusi untuk tujuan pemasaran
(sebagai contoh, laporan berkala dll.).
farizipayment
terimakasih kak atas infonya, saya juga ada partner bisnis kuliner dengan kualitas premium
BalasHapusdari www.revolusibisniskuliner.com